Youth Expert Program (YEP) merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Asia Economic Community Foundation (AECF), sebuah yayasan berbasis di Korea Selatan yang fokus pada pengembangan dan kolaborasi di bidang ekonomi di kawasan Asia. Program ini
bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa dan pemuda di seluruh dunia untuk mendalami isu-isu ekonomi global.

Program ini dilaksanakan secara hybrid setiap Sabtu selama satu bulan, dari 17 hingga 31 Agustus 2024. Tahun ini, delapan mahasiswa Program Studi Ekonomi Pembangunan berkesempatan untuk berpartisipasi dalam YEP.

YEP 2024 mengusung tema “Asia Economic Community in the Age of US-China Competition”, yang membahas tantangan ekonomi Asia dalam konteks persaingan antara Amerika Serikat dan Tiongkok. Program ini terdiri dari empat sesi seminar oleh ahli ekonomi dari Korea Selatan.

Pada 17 Agustus 2024, dua materi dibawakan dalam satu hari. Sesi pertama berjudul “Lessons from European Experience” oleh Prof. Sung-hoon Kim dari Korea University, diikuti oleh sesi kedua dengan tema “A Perspective of Global South” oleh Prof. Won-ho Kim dari Hankuk University of Foreign Studies.

Pada 24 Agustus 2024, seminar ketiga bertema “A Perspective of Economy and Technology” disampaikan oleh Prof. Heung-chong Kim dari Korea University, yang juga merupakan mantan Presiden KIEP. Sesi terakhir, pada 31 Agustus 2024, diisi oleh Jae-hoon Park, Ketua AECF, dengan tema “A Korean Perspective”, yang diakhiri dengan presentasi peserta dan sesi wrap-up.

Satu peserta, Nayla Ilma, berpartisipasi secara langsung di Sogang University, sementara tujuh mahasiswa ekonomi pembangunan lainnya mengikuti secara daring. Selain menghadiri seminar, peserta diminta berdiskusi dan menyusun reflection paper yang dinilai oleh penyelenggara. Mereka yang menyelesaikan seluruh tugas akan menerima sertifikat.

Program ini adalah hasil kerja sama antara IUP Economics dan AECF, yang diharapkan membawa manfaat akademis dan profesional di masa depan. (NIK)