PPE

 

PPE atau Pusat Pengkajian Ekonomi didirikan pada tanggal 1 Februari 1996 berdasarkan SK Dekan No. 89-2/DE/IX/1996 merupakan wadah bagi dosen Jurusan Ilmu Ekonomi dalam melaksanakan kegiatan penelitian, pelatihan dan konsultasi dalam rangka pengembangan Ilmu Ekonomi. PPE juga merupakan sarana pengembangan potensi dosen. PPE dipimpin oleh seorang direktur yang diususlkan oleh dewan dosen di tingkat jurusan dan diangkat oleh Dekan Fakultas Ekonomi FE UII dengan masa jabatan yang sama dengan masa jabatan Dekan. Dalam melaksanakan tugasnya PPE mendapatkan dukungan fasilitas laboratorium, infrastruktur gedung, inventaris kantor dan tidak menutup kemungkinan untuk bekerjasama denga pihak lain.

Visi :

Menjadi pusat pengkajian dan pengembangan bidang ekonomi dan pembangunan yang diakui dan dipercaya di tingkat nasional.

Misi :

  1. Mewujudkan budaya pengajaran dan pengembangan ekonomi berbasis penelitian.
  2. Membangun penelitian di bidang ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan.
  3. Memperkuat implementasi teori ekonomi dan pembangunan dalam praktik dan dakwah.
  4. Memanfaatkan dan memperkuat jejaring kerja dan sosial dalam pengajaran, pendidikan, pelatihan, penelitian dan pemberdayaan ekonomi.

Jenis pelayanan PPE FE UII :

Secara umum, PPE FE UII menawarkan pelayanan dalam melakukan kajian, penelitian, pelatihan, lokakarya dan seminar, pendampingan dan bentuk lain, pemberdayaan dan pengabdian pada masyarakat dalam prospek ekonomi dan keuangan. PPE FE UII melingkupi kegiatan sebagai berikut :

  1. Pelaksanaan penelitian dan kegiatan ilmiah lain di bidang ekonomi terutama yang menyangkut aspek – aspek industry dan perdagangan, pembangunan daerah serta keuangan dan perbankan.
  2. Pemantauan dan pengevaluasian hasil kegiatan penelitian dan kegiatan lain di bidang ekonomi.
  3. Pemberian masukan kepada pemerintah dan institusi lainnya sebagai bahan pertimbangan kebijakan di bidang ekonomi.
  4. Pelaksanaan kerjasama hasil – hasil penelitian dan kegiatan ilmiah lain di bidang ekonomi.
  5. Pendokumentasian, pelayanan informasi hasil penelitian dan kegiatan ilmiah lain di bidang ekonomi.
  6. Pelatihan, pendampingan dan pemberdayaan di bidang ekonomi terhadap kelompok masyarakat atau institusi ekonomi.
  7. Sosialisasi terhadap perkembangan teori dan kebijakan ekonomi kepada industry, pemerintah dan masyarakat, baik dalam bentuk seminar, lokakarya atau dalam forum sosialisasi lainnya.