LKTI Nasional ke 11 “Ekonomi Kreatif untuk Peningkatan Kualitas UMKM Indonesia”

LKTI Nasional ke 11 “Ekonomi Kreatif untuk Peningkatan Kualitas UMKM Indonesia”

Globalisasi menjadikan intensitas interaksi antarbangsa dan negara menjadi meningkat dan menyebabkan banyaknya tantangan-tantangan global. Untuk menjawab tantangan-tantangan global, suatu negara perlu memiliki suatu karakter. Salah satu karakter yang patut ditanamkan dalam jiwa anak Indonesia adalah jiwa kewirausahaan atau entrepreneurship. Berjiwa kewirausahaan akan menjadikan pemuda Indonesia mampu melihat peluang serta mampu memanfaatkan momen globalisasi bukan hanya sebagai sebuah tren namun juga sebagai periode emas dalam peradaban yang mampu berdikari dan dapat menggerakkan kehidupan bangsa ke arah yang lebih sejahtera. Bahkan, keberadaan masyarakat yang berjiwa entrepreneurship dalam jumlah yang besar akan membantu Indonesia meninggalkan status negara berkembang menjadi negara maju.

Pertambahan penduduk yang semakin pesat, diiringi dengan kemajuan iptek menyebabkan perubahan taraf hidup dan membuat kebutuhan semakin bervariasi dan beragam. Untuk menjawab kebutuhan yang bervariasi tersebut perlu adanya perkembangan ekonomi kreatif, dengan membuat inovasi – inovasi produk, kreatifitas dan trobosan-trobosan menarik yang mampu meningkatkat kesejahteraan masyarakat.

Melihat begitu besarnya kontribusi ekonomi kreatif terhadap perekonomian Indonesia, maka dari itu Prodi Ilmu Ekonomi Universitas Islam Indonesia dan Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Ekonomi hadir dengan berperan aktif meningkatkan kontribusi ekonomi kreatif terhadap perekonomian Indonesia,  melalui penyelenggaraan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional  Tingkat SMA / sederajat tentang Ekonomi Kreatif. Dengan tema “Penciptaan Produk Ekonomi Kreatif untuk Peningkatan Kualitas UMKM Indonesia”. Lomba ini diikuti oleh  siswa-siswi SMA/ sederajat se-Indonesia. Mereka berjuang untuk meningkatkan perekonomian Indonesia melalui lomba ini.

Menurut Mochamad Ali Imron selaku ketua pelaksana “LKTIN ke 11 ini sangat menarik untuk diikuti, selain konsepnya yang Classy, lomba ini memotivasi siswa/siswi SMA untuk berkarya, menciptakan trobosan-trobosan baru karena dengan adanya lomba ini, para generasi muda akan bersaing untuk mengkompetisikan ide-ide kreatif dan terobosan-terobosan yang sangat inovatif yang mereka miliki

Penilaian pada lomba ini tidak hanya kreatifitas karya, melainkan juga menilai kebermanfaatan karya terhadap masyarakat luas dan sustainibilitas karya. Sehingga lomba ini tidak hanya karya biasa, tetapi juga berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat yang keberlanjutan.

LKTIN ke 11 ini bertepatan dengan hari Kartini, maka acara ini juga diperuntukkan untuk memperingati hari kartini, dengan memilih  juri dari para kartini-kartini yang sangat expert pada ekonomi kreatif.

“Lomba ini sangat menarik dan sangat bagus untuk diikuti, sebagai wadah bagi generasi emas Indonesia untuk terus berkarya, berfikir kreatif dan inovatif, untuk menjawab tantangan-tantangan global, demi terwujudnya Indonesia for Suistainable Goal”  Titik Nurbiyati Dra.,M.S.i.,CHRMP

Melalui lomba ini diharapkan ide-ide para intelektual muda Indonesia dapat memberikan perhatian khusus dan bisa memajukan industri kreatif Indonesia sekaligus perekonomian Indonesia dan menjadi Generasi Emas Indonesia yang dapat dibanggakan oleh Bangsa Indonesia

 

 

One thought on “LKTI Nasional ke 11 “Ekonomi Kreatif untuk Peningkatan Kualitas UMKM Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *